Selasa, 05 Mei 2015

EKONOMI KOPERASI



Contoh Koperasi di Indonesia  :
Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA)
1.      Sejarah Kokarga
Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA) Dahulu Koperasi Serba Usaha dan Pensiun Garuda Jakarta didirikan pada tanggal 1 September 1972. Anggaran dasar tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan diantaranya pada tanggal 27 Juli 1988 nama Koperasi Serba Usaha Buruh dan pensiun Garuda diubah menjadi Koperasi Karyawan Garuda Indonesia dan tanggal 31 Agustus 1994. Perubahan tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. 456/BH/PAD/KWK.9/XII/1996 tanggal 11 Desember 1996.
Berdasarkan akta perubahan Anggaran dasar Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (Kokarga) No. 3 tanggal 5 Juli 2011 oleh Notaris Silvia Ninawaty S dan telah dilaporkan dan dicatat di kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dengan nomor : 343/Dep.1.1/VII/2011 tanggal 22 Juli 2011, yang merubah tempat kedudukan dari jalan Gunung sahari nomor 52, Jakarta Pusat ke lantai dasar Gedung Serbaguna GMF, Area Garuda City Centre Perkantoran Bandara International Soekarno-Hatta, Kelurahan panjang, Kecamatan Benda, kota Tangerang, Banten; Merubah prosentase sisa hasil usaha koperasi dan menetapkan Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan khusus yang memuat ketentuan - ketentuan pelaksanaan dalam Anggaran Dasar.
Perizinan yang telah diperoleh Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGA) adalah :
a.       Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Nomor : 0028/PB/VIII/BPPT/2011
b.      Tanda Daftar Perusahaan Koperasi No.30.06.2.64.00270
c.       Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Nomor : 01.386.305.5-027.000
d.      Surat Keterangan Domisili No.503/27-Ekbang/2012.

2.      Visi dan Misi
·         Visi Kokarga
Menjadikan KOKARGA sebagai koperasi terbaik didalam lingkungan koperasi-koperasi BUMN.

·         Misi Kokarga
Menjadi mitra perusahaan Garuda Indonesia Group dalam memberikan kesejahteraan yang sebesar-besarnya bagi anggota dan umumnya bagi lingkungan masyarakat sekitar, dalam mencapai kebahagiaan lahir dan bathin.

3.      Filosofi & Motto
·         Filosofi Kokarga
Filosofi Kokarga adalah “FAST & TRUST” yang merupakan singkatan dari :
F = Fatonah (Cerdas)
A = Amanah (Dapat Dipercaya)
S = Sidik (Benar)
T = Tabligh (Syiar/Menyampaikan)
Dan
T = Tanggap
R = Rapi Dan Ringkas
U =Untung
S = Selalu Melayani
T = Trend Dengan Teknologi
·         Motto Kokarga
“Pasti Untung dan Melayani “

4.      Maksud dan Tujuan Kokarga
Maksud dan tujuan Koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan Masyarakat pada umumnya, menjadikan gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.
Sesuai dengan Anggaran dasar koperasi, keanggotaan koperasi adalah karyawan PT. Garuda Indonesia dan anak usahanya. Jumlah anggota koperasi per 31 Desember 2011 adalah 7.871 anggota dan per Desember 2012 adalah 7.856 Anggota.
Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas, Koperasi Karyawan Garuda Indonesia (KOKARGA) menyelenggarakan kegiatan usaha yang berkaitan dengan kegiatan usaha anggota, sebagai berikut :
a.       Menyelenggarakan usaha jasa rekanan, jasa cleaning service, jasa perjalanan wisata, jasa angkutan barang, jasa perumahan anggota dan jasa transportasi untuk keperluan anggota.
b.       Menyelenggarakan usaha simpan pinjam uang kepada anggota yang bersifat konvensional dan/ atau yang berasaskan syariah.
c.        Mengusahakan pengadaan barang dan jasa untuk keperluan anggota dan bukan anggota.
d.       Mengadakan kerjasama antar koperasi dengan pihak lain, perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam bidang usaha dan/ atau permodalan yang saling menguntungkan.
e.        Usaha-usaha lain yang bermanfaat bagi anggota dan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku, ketertiban umum dan kesusilaan.

5.      Kebijakan dan Strategi
A.    Kebijakan 2007-2010
Dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, pengurus KOKARGA menempuh beberapa kebijakan antara lain:
a.       Pembenahan Internal antara lain :
·   Pembenahan sistem administrasi dan pengolahan keuangan
·   Mengembangkan struktur organisasi yang ramping dan lincah
·   Pengembangan kemampuan sumber daya manusia (SDM) KOKARGA
·   Pengembangan SIKO (Sistem Informasi KOKARGA) sampai pada tahap Executive Information Sistem (EIS)
b.      Pembenahan Eksternal antara lain :
·   Memperbaiki citra KOKARGA agar lebih baik di mata anggota dengan berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik
·   Melakukan diversifikasi usaha dengan mengembangkan usaha-usaha baru sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggota dan non anggota
·   Implementasi Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1995 untuk pemisahan laporan keuangan simpan pinjam
B.     Strategi 2007-2010
Strategi yang ditempuh untuk mendukung kebijakan adalah :
a.       Peningkatan citra KOKARGA
·   Perbaikan bisnis proses
·   Komunikasi yang lebih intensif dengan anggota
·   penguatan sistem informasi
b.      Peningkatan kualitas SDM
·   Reorientasi seluruh karyawan untuk menyamakan visi dan misi
·   Peningkatan kemampuan karyawan (pengetahuan dan keahlian) menjadi karyawan yang multiskill sehingga siap untuk bersaing
c.       Meningkatkan aktivitas simpanan dan penyalurannya
·   peningkatan upaya-upaya pemasaran dan komunikasi sehingga anggota mendapatkan informasi lengkap, berimbang, dan bersedia menyimpan di KOKARGA
·   USP melakukan pembenahan-pembenahan sehingga kepercayaan anggota dapat ditingkatkan melalui pelayanan yang lebih cepat
·   USP mengembangkan produk-produk simpanan dengan manfaat bagi hasil yang menarik serta kompetitif di mata anggota/penabung
d.      Meningkatkan aktifitas pinjaman anggota
·   USP melakukan pembenahan-pembenahan sehingga kepercayaan anggota dapat ditingkatkan melalui pelayanan yang lebih baik
·   USP memberikan bunga pinjaman yang kompetitif
e.       Peningkatan omset mini market
·   Peningkatan penjualan di mini market yang sudah ada dengan cara memberikan harga jual yang lebih kompetitif, meningkatkan mutu pelayanan dan upaya-upaya promosi lainnya
·   Pembukaan gerai baru di lokasi yang strategis dan menguntungkan
f.       Peningkatan peran KOKARGA sebagai mitra keompok usaha Garuda Indonesia
·   KOKARGA sebagai pemasok
·   KOKARGA sebagai distributor
g.      Pengembangan usaha-usaha baru
·   Pelayanan kesehatan
·   Pelayanan antar jemput
·   Perjalanan wisata
·   Waralaba/KSO
·   Pelayanan pendidikan
·   KOKARGA sebagai distributor pemasok anggota KOKARGA kepada Garuda
·   Usaha door to door (pelayanan sampai ke tempat tujuan)
h.      KOKARGA menjadi fasilitator pembentukan koperasi sekunder
i.        Evaluasi bisnis-bisnis yang telah berjalan.


SUMBER : kokarga.com

0 komentar:

Posting Komentar