BUSINESS PLAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Pada zaman sekarang ini, makanan ringan
sudah bukan menjadi makanan sampingan yang hanya sebagian orang mengkosumsinya.
Namun saat ini makanan ringan merupakan kebutuhan sampingan yang diutamakan
karena konsumsi makanan masyarakat saat ini sangat besar. Sehingga banyak
sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini menawarkan produk
mereka yang menarik.
Jika di cermati dengan teliti, banyak peluang yang bisa di manfaatkan untuk
memulai sebuah bisnis baru tersebut. Tergantung bagaimana membuat inovasi dan
kreasi ketika terjun ke bisnis tersebut. Inovasi tanpa kreasi tidak akan
sukses, kreasi tanpa di sertai tindakan nyata hanyalah impian semata. Bisnis
adalah daerah yang berbahaya, sebelum terjun ke dunia ini kita harus
mempersiapkan mental dan modal yang terkadang tidak sedikit jumlahnya.
1.2 Visi dan
Misi
Visi :
Menjadikan
“TAGO” sebagai makanan inovasi terbaru yang disukai oleh semua kalangan usia.
Misi :
a.
Menjamin
dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b.
Membuat
variasi “TAGO” yang disukai konsumen
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Identifikasi Usaha
Nama usaha : GOOD TAGO
Bidang Usaha : Kuliner
Nama Produk : TAGO “Tape Goreng”
Alamat Usaha : Jl. gotong royong kp. damai 008/05
Contact person : afriliati@gmail.com
2.2 Ruang Lingkup Usaha
Ruang Lingkup usaha kami ini masih dalam skala kecil jadi baru kami pasarkan didaerah sekitar rumah produksi. Namun, tanggapan masyarakat yang cukup bagus dengan adanya makanan ini, membuat kami optimis bahwa usaha ini akan menjanjikan.
Tujuan Usaha
:
·
Menciptakan lapangan pekerjaan
·
Memenuhi kebutuhan akan konsumsi masyarakat yang
tinggi
·
Mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dari
usaha ini
2.3 Struktur Organisasi
Sturktur Organisasi didalam usaha ini adalah sebagai berikut :
Manajemen : 2
Produksi : 3
Pemasaran : 3
Keuangan : 2
2.4 Klasifikasi Organisasi
CEO (Direktur
Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada
dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat
mengambil keputusan.
General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan
menjalankan strategi perusahaan.
Finansial
Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan
dengan usaha keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi semua keuangan.
Production
Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produk dan
menginofasikan produk yang akan dijual belikan.
Marketing
Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang
perusahaan miliki melalui berbagai media.
BAB III
ANALISA MASALAH
3.1 Modal
Modal usaha ini berasal dari modal sendiri yakni sebesar Rp. 400.000.-
3.2 Penentuan Harga Produksi
Biaya Bahan Baku Rp 370.000
Biaya Penolong Rp
20.000
Biaya Operasional Rp 10.000
Total Biaya
Keseluruhan Rp
400.000
Harga Pokok
Produksi TAGO
TAGO = Rp 400.000 : 400 = Rp 1000
(sekali produksi
akan menghasilkan 400 piece TAGO)
Penentuan harga
jual
Harga pokok Rp 1.000
Harga jual Rp 2.000
Laba Rp
1.000
3.3 Sumber Daya Manusia
Untuk saat ini dikarenakan usaha kami masih tergolong baru jadi kami belum akan menambah jumlah karyawan kami, kami akan lebih berfokus dalam mengembangkan usaha ini sehingga bisa lebih berkembang dan semakin dikenal masyarakat luas. seiring berjalannya waktu kami pun akan berjalan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.
3.4 Pemasaran
Daerah Pemasaran kami masih dalam skala kecil yakni didaerah sekitar rumah produksi. Namun, kami juga sudah bisa menerima pesanan melalui jejaring sosial.
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
SWOT
Strenght
·
Bahan yang mudah didapat dan berkualitas
·
Harga terjangkau
Weakness
·
Produk hanya bertahan selama satu hari
·
Tape sebagai makanan ringan yang belum
banyak dikenal masyarakat
Opportunity
·
Segmen pasar yang baru
·
Minat konsumen akan makanan ringan besar
Threat
·
Persaingan pasar
·
Rasa belum tentu cocok dengan lidah
konsumen
TOWS
Strenght & Opportunity (SO):
·
Mempertahankan
kualitas bahan yang digunakan untuk TAGO
Weakness& Opportunity (WO):
· memperluas pemasaran
·
Perusahaan dapat meningkatkan poduksi.
Strenght & Treat (ST):
·
Perusahaan
harus mempertahankan bahan dan produk yang berkualitas agar dapat bersaing
dalam dunia pasar.
Weakness & Treat (WT):
·
Perusahaan
harus membuat inovasi dalam pengemasan dan rasa yang memberikan ciri khas dari
TAGO itu sendiri.
BAB V
KESIMPULAN
Usaha TAGO yang
merupakan makanan inovasi baru ini akan mempunyai nilai jual yang menjanjikan
apabila bisnis ini dilakukan dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan aspek SWOT
dan TOWS. Dan dengan adanya pemasaran yang berkelanjutan maka makanan ringan
ini akan terus dikenal dan dicari oleh masyarakat, dengan terus melakukan usaha yang maksimal dan inovasi terbaru kami yakin usaha ini akan sangat berkembang.
0 komentar:
Posting Komentar