Jumat, 11 Oktober 2013

BUSINESS PLAN

BUSINESS PLAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada zaman sekarang ini, makanan ringan sudah bukan menjadi makanan sampingan yang hanya sebagian orang mengkosumsinya. Namun saat ini makanan ringan merupakan kebutuhan sampingan yang diutamakan karena konsumsi makanan masyarakat saat ini sangat besar. Sehingga banyak sekali para wirausahawan baru yang bermunculan saat ini menawarkan produk mereka yang menarik.
Jika di cermati dengan teliti, banyak peluang yang bisa di manfaatkan untuk memulai sebuah bisnis baru tersebut. Tergantung bagaimana membuat inovasi dan kreasi ketika terjun ke bisnis tersebut. Inovasi tanpa kreasi tidak akan sukses, kreasi tanpa di sertai tindakan nyata hanyalah impian semata. Bisnis adalah daerah yang berbahaya, sebelum terjun ke dunia ini kita harus mempersiapkan mental dan modal yang terkadang tidak sedikit jumlahnya.

BAB II
BUSINESS PLAN
2.1 Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan “TAGO” sebagai makanan inovasi terbaru yang disukai oleh semua kalangan usia.
Misi :
a.    Menjamin dan menjaga kualitas bahan baku yang digunakan
b.    Membuat variasi “TAGO” yang disukai konsumen
2.2 Data Perusahaan
Nama perusahaan : GOOD TAGO
Bidang Usaha : Kuliner
Nama Produk : TAGO “Tape Goreng”
                                                                       
BAB III
3.1 ANALISIS USAHA
Singkong sebagai makanan yang sudah tidak asing nadi mayarakat Indonesia. Namun dalam hal ini singkong yang sudah diberi ragi akan menjadi Tape Singkong. Tape Singkong inilah yang mendasari berdirinya usaha ini. Melihat banyak sekali para wirausahawan yang bermunculan menawarkan produk inovatif mereka, maka kami tidak ketinggalan dengan menghadirkan bisnis makanan baru yang masih jarang dimasuki peluangnya oleh pihak lain.
Tape sebagai makanan ringan tentunya sangat jarang ditemukan namun juga memiliki peluang yang bagus karena masyarakat akan tertarik untuk mencoba inovasi baru dalam makanan ringan, mengingat konsumsi masyarakat akan masyarakat terhadap makanan ringan cukup tinggi.

3.2 DESKRIPSI TENTANG USAHA
Produk yang akan dihasilkan dari usaha ini adalah makanan. Usaha ini berbasis makanan ringan dengan menggunakan bahan utama tape singkong yang merupakan makanan  rumahan Indonesia. Usaha ini berupaya mengenalkan tape singkong senagai makanan rumahan Indonesia juga bisa diolah menjadi makanan ringan yang tentunya enak dan gurih dengan cara penyajian yang berbeda dari biasanya sehingga menjadi layak jual di kalangan masyarakat.

3.4 RENCANA PRODUKSI
Bahan Baku dan Penggunaannya
Bahan utama:
·            Tape singkong
·            Tepung terigu
Bahan lainnya:
·            Vanili
·            Garam
·            Gula
·            Minyak Goreng
·            Air putih secukupnya
·            Mesis
·            Keju
Alat untuk membuat diantaranya:
·      sendok
·      Baskom
·      Wajan
Cara Pembuatan :
1.   Buat adonan dari tepung terigu dan air secukupnya didalam baskom lalu aduk merata.
2. Masukkan tape yang sudah dibersihkan kedalam adonan terigu lalu hancurkan dengan sendok hingga hancur dan rata bercampur dengan adonan terigu.
3. Setelah adonan rata tercampur lalu tambahkan dengan garam, gula, vanili secukupnya.
4. Setelah adonan jadi maka tinggal mengggorengnya hingga kuning kecoklatan.
5. Setelah matang berikan toping diatas tape goreng dengan mesis ataupun keju.

Produksi dalam usaha ini akan dilakukan secara manual. Setiap kali produksi akan menghasilkan 400 buah TAGO.

3.5 RENCANA PEMASARAN
Target dan Segmentasi Pasar
·      Geografi
     TAGO dipasarkan ditempat keramaian seperti kampus, sekolah, perkantoran ataupun dipinggir jalan, juga akan dipasarkan lebih luas didaerah bekasi.
·      Demografi
     TAGO sebagai makanan ringan tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh semua kalangan dengan harga terjangkau.
Strategi Pasar
1.    Perkenalan bisnis pada masyarakat
     Kami menawarkan produk yang memiliki brand TAGO berupa makanan ringan yang menggunakan bahan utama tape, serta mengkombinasikannya dengan tepung dan perasa lainnya serta sehingga menciptakan makanan yang enak, renyah, dan bergizi dengan harga terjangkau.
2.    Menciptakan inovasi pada TAGO yang ditawarkan
TAGO akan menambah inovasi dengan berbagai macam rasa.
3.    Meningkatkan kualitas pelayanan
     Dalam mempromosikan produk, kami tidak hanya secara langsung dengan konsumen tapi juga memanfaatkan jaringan sosial media untuk mempromosikan TAGO
Analisis Persaingan
SWOT
Strenght
·         Bahan yang mudah didapat dan berkualitas
·         Harga terjangkau
            Weakness
·         Produk hanya bertahan selama satu hari
·         Tape sebagai makanan ringan yang belum banyak dikenal masyarakat

            Opportunity
·         Segmen pasar yang baru
·         Minat konsumen akan makanan ringan besar
            Threat
·         Persaingan pasar
·         Rasa belum tentu cocok dengan lidah konsumen
Bauran Pemasaran / Analisis 4P
1.    Produk
·         Type                     : Tape goreng
·         Brand                   : TAGO
·         Quality                 : Enak, Renyah,
·         Packing                : Plastik mika

2.    Price                    
·         Price List              : Rp2000,-
3.    Promotion
·         Advertising          : media Sosial (Facebook, BBM, Twitter)
·         Personal Selling    : Menjual langsung kepada konsumen
4.    Place                                 : daerah sekitar tempat-tempat keramaian, seperti kampus, sekolah dan pinggir jalan

3.6 RENCANA PERMODALAN
ANALISIS KEUANGAN
Modal usaha
Modal TAGO                                     Rp 400.000
Total modal                                         Rp 400.000

       Biaya Bahan Baku                               Rp 370.000
       Biaya Penolong                                    Rp 20.000
       Biaya Operasional                                Rp 10.000
Total Biaya Keseluruhan                              Rp 400.000

Harga Pokok Produksi TAGO
       TAGO      = Rp 400.000 : 400 = Rp 1000
(sekali produksi akan menghasilkan 400 piece TAGO)         
Penentuan harga jual
       Harga pokok        Rp 1.000
       Harga jual             Rp 2.000
       Laba                     Rp 1.000

3.7  RENCANA ORGANISASI

Stuktur organisasi kami terdiri dari

CEO (Direktur Utama)
Mengontrol, memonitoring semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan.
General Manajer
Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan.
Finansial Manajer
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan usaha keuangan perusahaan, dan dapat mengatasi semua keuangan.
Production Manajer
Dapat bertanggung jawab terhadap produk dan menginofasikan produk yang akan dijual belikan.
Marketing Manajer
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media.

BAB  VI
RESIKO
Karena produk kami menggunakan bahan dasar tape yang umumnya masih jarang digunakan untuk makanan ringan sehingga banyak konsumen yang belum mengetahuinya. Banyaknya saingan dari pengusaha makanan lain yang sudah ada dan bervariasi.

BAB V
KESIMPULAN

Usaha TAGO yang merupakan makanan inovasi baru ini akan mempunyai nilai jual yang menjanjikan apabila bisnis ini dilakukan dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan aspek SWOT dan TOWS. Dan dengan adanya pemasaran yang berkelanjutan maka makanan ringan ini akan terus dikenal dan dicari.

0 komentar:

Posting Komentar