Rabu, 12 Juni 2013

Membuat surat undangan dengan menggunakan fasilitas mail merge di Ms.word

Langkah-langkah yang harus dilakukan :
1.     Buka layar Ms.Word. Buatlah format surat undangan contohnya seperti ini dengan data utama seperti ; nama, alamat, acara, tgl :
Haaiiyy.. teman-teman ku yang cantik dan ganteng.... sebentar lagi ada hari besar nih ! apa ya? Kasih tahu engga ya? Ya kasih tahu lah... hari besarnya itu.... Hari Ulang Tahun aku.  :D Hahaha
Nah, aku mengundang kalian buat datang di hari itu karena aku akan mengadakan pesta ulang tahun.  Acaranya pasti seru kok, karena di pesta ini aku punya aturan dresscodenya “Shinne” yang pastinya kalian harus datang semenarik mungkin, karena bakal ada hadiah bagi yang paling menarik dan pastinya ada games-games seru lainnya. Acaranya bakal diadain :
Nama :
Alamat  :
Acara :
Tgl :
Sangat diharapkan kedatangan kalian di hari itu untuk memeriahkan suasana dan pastinya buat bersilaturahmi. Pasti seru !!!  di tunggu kehadirannya ya temaaaannnn....!!!!! JJJ
                                                                                                                                With love and happy,
                                                                                                                                                _ANH_


2.    Klik menu mailings lalu klik start mail merge pilih step by step mail merge wizard, maka akan mendapatkan tampilan seperti ini :


 lalu akan muncul tampilan mail merge disebelah kanan,


3.     Akan ada 6 langkah yang harus dilakukan, yakni :
              step 1 : pilih letter (karena kita akan membuat surat undangan)


 Step 2 : kita pilih use the current document 



Step 3 : pilih type a new list ( karena kita akan membuat daftar nama-nama yang akan dikirimkan/penerima suratnya) lalu klik create (kita akan membuat daftar penerimanya/data utama).


          tapi sebelumnya kita harus menghapus data yang sudah ada dengan mengklik delete.

        setelah dihapus semua, maka layar akan kosong seperti ini,


      lalu, klik customize culomns untuk membuat data yang baru, lalu klik add, tulis datanya,



           setelah selesai maka isi data masing-masing seperti ini,


Step 4 : klik more item 
sebelumnya jangan lupa letakkan kursor pada surat undangan yang telah dibuat di tempat yang akan kita isi datanya,




Step 5 : kita bisa melihat hasil sementara, yakni data-data penerima yang kita buat tadi, klik kursor tanda kekanan atau kekiri untuk melihat daftar penerimanya.


Step 6 : kita telah selesai membuat surat dengan fasilitas mail merge. 
Ada 2 pilihan yang ditawarkan yakni : print dan edit individual letter, silakan memilih sesuai kebutuhan.



            









0 komentar:

Posting Komentar